Waspada! Inilah Bahaya Memakai Baju Baru yang Belum Dicuci.


Pakaian yang baru dibeli umumnya telah dalam kondisi rapi serta tampak bersih. Tetapi apakah perlu untuk mencucinya terlebih dulu saat sebelum kita menggunakannya?

Janganlah segera menggunakan baju yang baru dibeli sebelum mencucinya terlebih dulu. Beberapa laporan tunjukkan bahwa pemakaian bahan kimia beracun dalam pemrosesan baju bisa menyebabkan reaksi alergi serta resiko yang lain pada kesehatan.

Bahan kimia bukan sekedar mencemari air, makanan serta obat-obatan saja, namun dapat juga diketemukan dalam baju. Baju berbahan kain rayon atau serat sintetis di buat dengan memakai beberapa bahan kimia.

Produsen kain di Asia umumnya memakai bahan kimia beracun dalam pemrosesan serat kain, bahkan juga sampai sistem pengemasan baju.

Sesudah baju usai di produksi, produsen umumnya memberikan formaldehid untuk melindungi baju dari kerutan serta menghindar tumbuhnya jamur sepanjang pengiriman.

Formaldehid sebagai pengawet baju ini dapat menaikkan paparan toksin pada baju. Kulit adalah organ paling besar manusia, hingga kebersihan serta keamanan baju berbahan kimia butuh di perhatikan.

Sebagian laporan tunjukkan ada reaksi alergi yang kronis pada formaldehid. Ada pula dampak negatif periode panjang pada kesehatan keseluruhannya disebabkan paparan bahan kimia yang terlalu dekat dengan badan.

Seseorang dokter spesialit kulit Columbia University Medical Center, Donald Belsito, seluruhnya baju baru yang terlihat bersih sesungguhnya tidak begitu bersih.

Belsito menyampaikan pewarna serta resin formaldehida yang membuahkan polimer bisa menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi pada orang spesifik. Namun seluruhnya ini jauh dari satu-satunya resiko yang lebih menyeramkan.

“Saya sudah lihat masalah kutu yang mungkin saja ditularkan waktu konsumen coba baju didalam toko. Atau penyakit menular spesifik yang bisa ditularkan lewat baju. Penyakit lain yang saya pernah saksikan masalah pakaian baru yaitu kudis. ” tuturnya.

Di segi lain, Dr. Tierno, seperti ditulis iDiva menyampaikan bahwa pakaian baru dapat membawa bakteri yang beresiko untuk pernapasan, daerah kewan*itaan, jamur pada kulit, serta lain sebagainya. Menurut riset yang sudah dikerjakan, bakteri-bakteri itu umumnya bakal didapati di ruang ketiak, paha sisi atas, atau leher.

Tidak cuma diketemukan pada pakaian atau celana, bakteri juga sangatlah mungkin saja diketemukan pada baju dalam atau handuk. Berikut mengapa Anda mesti betul-betul membersihkan bersih terlebih dulu seluruhnya barang yang Anda beli di toko atau di mall.

Bahan kimia beracun yang lain seperti formalin bisa dipakai untuk bikin serat sintetis untuk handuk serta selimut. Bahan kimia lain dalam baju yang umum dipakai yaitu nonylphenol ehtoxylate (NPE).

Pemakaian NPE pada sebagian merk baju populer sudah dibatasi di beberapa negara di Asia. Tetapi, hingga saat ini belum ada batasan pemakaian bahan kimia pada pemrosesan baju di Cina serta negara-negara Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia .

Baju berwarna hitam serta yang memakai pewarna untuk bahan kulit kerap memiliki kandungan p-phenylenediamine (PPD), yang bisa membuahkan reaksi alergi. Senyawa organik volatil serta product pemutih juga sangat banyak dipakai oleh industri tekstil.

Baca label baju terlebih dulu saat sebelum membelinya serta jauhi beberapa bahan sintetis seperti rayon, nylon, polyester, acrylic, asetat atau triasetat sebanyak mungkin.

Bila terlalu susah untuk meminimalisir penentuan bahan baju itu, bersihkan serta keringkan beberapa pakaian yang barusan Anda beli sejumlah tiga kali pengulangan saat sebelum menggunakannya.


Beberapa Tips Utama yang perlu anda cermati,

Cepatlah mandi serta bersihkan tubuh tiap-tiap habis bepergian.
Pakai sabun antiseptik supaya kuman serta bakteri tidak tinggal lama serta menginfeksi badan.
Yakinkan mencuci bersih pakaian baru sesudah belanja. Janganlah segera digunakan lantaran banyak bakteri serta kuman beresiko yang tidak dapat dipandang oleh mata dapat beralih ke badan Anda serta mengganggu kesehatan Anda.
Rendam pakaian dengan air yang sudah dibeli antiseptik, terutama untuk pakaian dalam.

0 Response to "Waspada! Inilah Bahaya Memakai Baju Baru yang Belum Dicuci."