Inilah Penampakan Nyata Rumah Limas Pada Uang Rp. 10.000 Yang Bikin Heboh, Ternyata ada di Sumsel. Baca Selengkapnya.

Palembang - Bukalah duit Rp 10. 000 Anda. Lihatlah satu diantara sisinya, ada gambar Tempat tinggal Limas yang luas serta berupa tempat tinggal panggung. Di Museum Balaputra Dewa, Palembang, ini dia penampakan asli Tempat tinggal Limas itu!


Tahukah Anda, sebagian gambar di pecahan duit kertas rupiah yaitu destinasi wisata. Di duit Rp 1. 000 ada Pulau Maitara yang ada diantara Pulau Ternate serta Tidore, sampai Danau Beratan di Bedugul, Bali di duit Rp 50. 000. Di duit Rp 10. 000, ada gambar Tempat tinggal Limas yang nyatanya betul-betul ada di Sumatera Selatan.

Tempat tinggal Limas itu ada didalam Museum Balaputra Dewa atau juga dikenal dengan nama Museum Negeri Sumatera Selatan. Tempat tinggalnya ada dibagian paling belakang Museum Balaputra Dewa yang beralamat di Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang. Ticket masuknya juga cuma Rp 2. 000 saja.

 " Berikut Tempat tinggal Limas yang ada di duit Rp 10. 000, " kata pemandu setempat, Khotman Ghani pada detikTravel di Museum Balaputradewa, Palembang di sela-sela pagelaran Festival Musi Triboatton 2013, Jumat (22/11/2013) lantas.

Benar saja, waktu itu Khotman keluarkan duit Rp 10 ribu serta mengajak wartawan lihat duit yang ada gambar Tempat tinggal Limas serta tempat tinggalnya yang asli dalam satu garis lurus. Wow, betul-betul serupa!


Sebagian rombongan wartawan juga repot memphoto Tempat tinggal Limas itu. Khotman juga selalu menerangkan Tempat tinggal Limas yang sesungguhnya yaitu tempat tinggal asli orang-orang Palembang di saat lantas serta sebagian masihlah ada sampai saat ini.

 " Bila yang di Museum Balaputra Dewa ini umurnya telah 300 th. serta dulunya tempat tinggal ini dipakai oleh Sultan Batun. Keasliannya masihlah terbangun serta cuma sedikit saja yang direnovasi. Selain disini, memanglah masihlah terdapat banyak tempat tinggal limas, namun ya umumnya telah dimodifikasi, " ungkap Khotman.

Tidak cuma lihat dari luar, Khotman lantas mengajak rombongan wartawan masuk kedalam Tempat tinggal Limas yang terbuat dari kayu ini. Demikian masuk kedalam tempat tinggalnya, situasi sejuk begitu merasa walau cuaca diluar tengah terik.

 " Tempat tinggal Limas memanglah bertingkat-tingkat. Namun itu bukanlah untuk memastikan kasta, tetapi umumnya yang dibawah itu letaknya untuk anak muda serta diatas orangtua. Umumnya kan anak muda bila ngumpul-ngumpul demikian sukai berisik, " papar Khotman.

Sisi dalam Tempat tinggal Limas yaitu ruangan tamu, ruangan tengah, serta sebagian kamar. Uniknya, disana ada juga timbangan sebagai bukti kesetian pria serta wanita waktu akan menikah.

 " Timbangan ini umumnya di taruh tangan keduanya hingga seimbang timbangannya. Yang khusus, meja di ruangan tamu ini pernah diduduki oleh Ratu Beatrix dari Belanda serta Pangeran William. Bila tak salah sekitaran th. 1993, " kata Khotman.

Beberapa isi Tempat tinggal Limas disini telah dipindahkan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Walau demikian, siapa juga wisatawan yang datang ke Tempat tinggal Limas masihlah dapat memperoleh banyak info. Selamat berkunjung ke Tempat tinggal Limas yang ada gambarnya di duit Rp 10 ribu.

1 Response to "Inilah Penampakan Nyata Rumah Limas Pada Uang Rp. 10.000 Yang Bikin Heboh, Ternyata ada di Sumsel. Baca Selengkapnya."