Wajib Baca Perlu Di Ingat !! Jangan Pernah Waktu Berdoa Anda, Mengucapkan Kata-Kata INI..Bisa Jadi Ini Hukumnya Haram !!


Dalam berdoa kadang-kadang kita sering mengatakan kalimat yang dikira baik menurut pandangan kita namun sesungguhnya perkataan itu dilarang oleh Rasulullah.

Perkataan seperti " Ya Allah... bila Engkau berkenan " memanglah kedengarannya dikira baik, berkesan lembut serta seakan-akan tidak memaksa Allah dalam berdoa. Walau sebenarnya Rasulullah sudah menuturkan kalau tidak ada yang bisa memaksa Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah cuma lakukan apa yang diinginkan-Nya. Allah cuma mengabulkan apa yang diinginkan-Nya.

Bahkan juga Rasulullah menyarankan kita untuk senangtiasa berdoa lewat cara sungguh-sungguh. Lantaran perkataan doa " Ya Allah... bila Engkau berkenan " dianggap tidak ada keseriusan dalam berdoa.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
 " Jika salah seseorang dari kalian berdoa, sebaiknya ia sungguh-sungguh dalam memohon serta jangan sampai ia mengatakan, 'Ya Allah bila Engkau berkenan maka berilah saya. ' Karena sebenarnya tak ada yang bisa memaksa-Nya " (HR. Bukhari)

 " Jangan sampai kalian mengatakan 'Ya Allah ampunilan saya bila Engkau berkenan. Ya Allah rahmatilah saya bila Engkau berkenan'. Namun sebaiknya ia sungguh-sungguh dalam memohon lantaran sebenarnya tak ada yang bisa memaksa-Nya " (HR. Bukhari)

Ibnu Abdil Barr menuturkan hadist itu serta berkata, " Seorang tak bisa menyampaikan 'Ya Allah berilah saya apabila Engkau berkenan' atau ungkapan lain yang seperti ini baik sehubungan dengan masalah agama ataupun dunia karenanya yaitu ungkapan yang tidak mungkin serta tidak berdasarkan karena Allah hanya melakukan apa yang dikehendaki-Nya "

Hingga Ibnu Abdil Barr menyimpulkan kalau perkataan itu yaitu hukumnya haram. Sementara menurut Imam Nawawi menyampaikan hukumnya makruh.

1 Response to "Wajib Baca Perlu Di Ingat !! Jangan Pernah Waktu Berdoa Anda, Mengucapkan Kata-Kata INI..Bisa Jadi Ini Hukumnya Haram !!"